Fashion Muslim Diramal Mampu Lancarkan Indonesia Jadi Pusat Industri Halal Dunia!

Publish: 2020-12-08 14:11:35

AKURAT.CO Indonesia telah lama memancangkan target menjadi pusat industri halal global. Dimana berbagai produk fashion muslim Indonesia didukung baik dari segi kualitas maupun pemasarannya karena sudah diakui sebagai komoditi potensial untuk pasar internasional.

Untuk memasarkan busana muslim Indonesia ke skala global, Bank Indonesia bersama Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC) bersinergi dalam menyelenggarakan modest fashion show sebagai rangkaian acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF).

Dalam rangkaian acara yang akan diselenggarakan selama empat hari dari tanggal 28 hingga 31 Oktober 2020 tersebut, ISEF akan menampilkan berbagai koleksi fashion muslim dari berbagai perwakilan desainer di seluruh Indonesia.

Salah satunya adalah Lisa Fitria dari perwakilan desainer Sibolga, Sumatera Utara menyampaikan apresiasinya terhadap Bank Indonesia atas dukungan dalam memberikan kesempatan untuk berkolaborasi menggunakan kain-kain Ulos yang sangat Indah.

"Saya benar-benar mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia atas dukungannya dalam memberikan saya kesempatan untuk berkolaborasi menggunakan kain Ulos yang sangat indah. Saya jadi flashback ketika mas Wignyo ( salah satu perwakilan DKI Jakarta) melatih kami bersama sehingga finishing akhir dari kain ulos menjadi lebih halus, kemudian warnanya lebih beragam dan sesuai dengan cita rasa global, jadi banyak sekali warna-warna yang sudah bertransformasi," ucapnya pada saat webinar bersama media di Jakarta, Rabu (28/10/2020).

Lisa menilai dirinya sangat antusias untuk mengolah ulos ketika diberikan kesempatan untuk menampilkan ulosnya ISEF 2020. Dirinya pun memilih  motif-motif yang ada yaitu motif bolean, motif sibolang dan juga ada motif harungguan.

Senada dengan Lisa, salah satu perwakilan desainer dari daerah perwakilan Bali Dibya Hody juga mengapresiasi kerjasama dengan Bank Indonesia untuk bekerja sama dengan pengrajin UMKM untuk menghasilkan kain-kain wastra Nusantara. Menurutnya untuk koleksi kali ini, pihaknya berfikir untuk merenungkan apa yang terjadi selama masa pandemi berlangsung dimana harus berfikir ulang terlebih mendekatkan diri dengan alam dan menghargai harmoni dengan kain-kain tradisional.

Oleh karena itu, secara konsep Lisa membuat busana tetap bersiluet Asia sesuai dengan DNA brandnya  oversize sedikit agar nyaman untuk dipakai.

Dirinya pun mencontohkan kain endek dari Bali yang sudah cukup terkenal di dunia. Pasalnya zaman dahulu kain itu biasanya dipakai oleh para bangsawan, para anggota kerajaan.

Maka wanita modern sekarang sangat beruntung menggunakan kain wastra yang tadinya hanya bisa dipakai oleh para bangsawan dalam merealisasikan hal tersebut.

"Saya berkerja sama dengan Agung Bali untuk membuat sebuah koleksi yang cukup ringan, sebab biasanya kain dari Bali itu cukup berat dengan ornamen emas, nah saat ini kami membuat sesuatu yang lebih modern bisa dipakai oleh wanita yang tinggal di perkotaan dengan ke aktifan yang cukup tinggi," paparnya.

Sebagai informasi, Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) kembali diselenggarakan ketujuh kalinya pada tahun ini, merupakan event tahunan ekonomi dan keuangan syariah terbesar di Indonesia.

Berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya, tahun ini ISEF hadir dengan konsep virtual platform yang akan menjadi kegiatan ekonomi syariah internasional secara virtual pertama.

ISEF 2020 kembali mendukung pengembangan ekosistem halal value chain di mana fashion muslim merupakan salah satu sektor prioritas di dalamnya. Untuk itu, Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC) menyelenggarakan Virtual Fashion Show MODEST FASHION ISEF 2020 bertema ”Sustainable Fashion, Sustainable Lifestyle” yang menampilkan 720 Look Modest Fashion Indonesia dari 164 Designer Modest Fashion Indonesia.

Sumber : https://akurat.co/ekonomi/id-1228893-read-fashion-muslim-diramal-mampu-lancarkan-indonesia-jadi-pusat-industri-halal-dunia?page=1

RELATED POSTS

Sebagian para hijabers biasanya paling malas kalau diajak pergi ke pantai. Salah...

Publish: 2020-12-08 14:37:43

Sahijab – Outfit of the day atau OOTD baju kerja untuk wanita berhijab memang ...

Publish: 2020-12-08 14:23:02
BACK TO TOP